2009
12.28

Tips Hemat Menggunakan AC

Saat ini, rasanya hidup kita tak bisa lepas dari pendingin udara (air
conditioner/AC). Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan agar tidak terlalu bergantung pada pendingin udara tanpa harus mengganggu kenyamanan yang diinginkan.

Pertama pilih produk AC sesuai kebutuhan. Kerap ditemukan, seorang
konsumen membeli AC dengan kapasitas (PK) lebih besar dari kebutuhan.
Akibatnya, pemanfaatan AC tidak efisien dan boros energi. Alih-alih nyaman, tagihan listrik justru membengkak. untuk itu, pilih kapasitas AC acuan kapasitas sekitar 600 BTU/jam/m2.

Kedua gunakan pengatur waktu (timer) agar pemanfaatan AC sesuai
kebutuhan. Di rumah khususnya, penggunaan AC tidak harus sampai 24 jam, pada saat tidur misalnya. Sebaiknya hidupkan AC seperempat jam sebelum saat tidur, dan timer-nya di set selama 1–2 jam mati otomatis.

Ketiga, usahakan suhu AC tidak lebih dingin dari 25°C atau 3–5°C lebih
rendah dari suhu di luar ruangan. Sebab, setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3–5%. Untuk mengukurnya, gunakan alat termostat.

Keempat, bersihkan filter AC, koil kondensor dan sirip AC secara teratur, maksimal tiap tiga bulan. Pemeliharaan rutin akan menghemat penggunaan daya listrik. Selain itu, udara yang dihirup juga bersih dan sehat. Terakhir, gunakan penutup pada bagian ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, pintu dan jendela dan ventilasi udara, upayakan selalu tertutup saat AC menyala. Ini untuk menghindari besarnya beban pendinginan yang dilakukan AC.

No Comment.

Add Your Comment